08179249314 contact@wakafalquran.com

keutamaanquran

Suatu ketika, abu Jahal, Abu Lahab, dan Akhnas bin Syariq secara sembunyi-sembunyi mendatangi rumah Rasulullah Saw pada malam hari untuk mendengarkan ayat Al Quran yang beliau baca dalam shalatnya. Mereka bertiga mengambil tempat yang berbeda-beda dan tidak diketahui yang lainnya. Ketika Rasululla Saw usai melaksanakan shalatnya, mereka bertiga memergoki satu sama lainnya di jalan. Mereka bertiga saling mencela dan membuat kesepakatan untuk tidak kembali mendatangi rumah Rasulullah Saw.

Namun pada malam berikutnya, ternyata mereka bertiga tidak kuasa menahan gejolak jiwanya untuk mendengarkan lantunan Al Quran. Mereka bertiga mengira bahwa yang lainnya tidak akan datang ke rumah Rasulullah Saw dan mereka menempati tempat masing-masing.

Ketika Rasulullah Saw usai melaksanakan shalat, mereka saling memergoki di jalan. Terjadi lagi saling mencela seperti malam sebelumnya. Kemudian pada malam berikutnya, gejolak jiwa mereka benar-benar tidak dapat dibendung untuk mendengarkan Al Quran dan mereka pun mengambil tempat sebelumnya. Manakala Rasulullah Saw usai melaksanakan shalat, kembali mereka saling memergoki. Akhirnya, mereka bertiga membuat mu’ahadah (perjanjian) tidak kembali ke rumah Rasulullah Saw untuk mendengarkan Al Quran.

Begitulah Al Quran. Bahkan seorang kafir saja mengakui keindahan Al Quran, tetapi hawa nafsu mereka mengingkari kenabian Muhammad Saw. Itu pulalah yang terjadi sekarang ini. Banyak orang yang sudah lupa tentang keindahan Al Quran. Mereka sudah lupa tentang isi kandungan Al Quran yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Padahal Allah Swt mengungkapkan keindahan Al Quran dalam kitabullah,

JIka sekiranya Kami menurunkan Al Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah karena takut kepada Allah. Perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir.” (QS. Al Hasyr [59] : 21)

Dengan demikian, kita sebagai seorang muslim harus menjadikan Al Quran sebagai dasar kehidupan bagi kehidupan manusia (khususnya ummat Islam) dan Allah swt akan menjamin kehidupannya baik di dunia maupun di akhirat.

Sungguh Al-Quran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebaikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar” (Surat Al-Isra : 9)